COVER 7

Cerdas, Beriman, Bertakwa, Unggul, Bermutu, Berprestasi,
Cinta Seni Budaya dan Berwawasan Lingkungan

Previous slide
Next slide

Sekolah Literasi

Sekolah Adiwiyata

Prestasi Siswa

Sambutan
Kepala Sekolah

Assalamu’alaikum wr.wb.

Puji syukur kepada Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya sehingga website SMA Negeri 3  Sumbawa   
Baca Sambutan

Situs Lainnya

Agenda Kegiatan

Berita Terkini

Siswa SMAN 3 Sumbawa Besar Lulus SNBP 2024

Alhamdulillah, siswa-siswi SMAN 3 Sumbawa Besar yang Lulus Masuk ke Perguruan Tinggi Negeri Ternama.

SNBP sendiri merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yang merupakan salah satu jalur dalam seleksi masuk perguruan tinggi. Jalur ini menggantikan sistem sebelumnya yang bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pengertian SNBP
Dikutip dari situs uny.ac.id, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik melalui rapor serta portofolio akademik dan non akademik siswa.

SNBP merupakan salah satu jalur yang dapat ditempuh dalam proses Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN). Selain SNBP, masih ada dua jalur lain, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.

Tujuan SNBP

Memberi kesempatan para siswa SMA/SMK/MA, baik di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia) prestasi unggul untuk masuk PTN Akademik, PTN Vokasi dan PTKIN tanpa tes.
Memberi peluang PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi.

Syarat SNBP
Untuk mengikuti SNBP, ada sejumlah syarat yang harus dilengkapi dan diikuti. Berikut ini sejumlah persyaratan SNBP yang dilansir dari laman Politeknik Negeri Bandung (Polban):

Menggunakan rapor semester 1 sampai semester 5 bagi siswa SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun. Bagi siswa SMK dengan masa belajar empat tahun, rapor yang digunakan adalah semester 1 sampai 7. Penerima KIP Kuliah tidak boleh pindah Program Studi.


Perbedaan SNBP dengan SNMPTN
SNBP menggantikan SNMPTN sejak tahun 2023. Meski sama-sama menggunakan jalur prestasi, ada sejumlah perbedaan antara keduanya. Berikut ini perbedaan SNBP dan SNMPTN yang dikutip dari laman Kemdikbud:

1. Penyelenggara
Dahulu SNMPTN diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPTN), kini SNBP diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

2. Jenjang Pendidikan
Jika SNMPTN hanya menerima mahasiswa Sarjana dan Sarjana Terapan, kini SNBP juga menerima mahasiswa diploma.

3. Pilihan Prodi
Perbedaan lainnya adalah pada pemilihan prodi. Pada SNMPTN, siswa hanya bisa memilih prodi yang sesuai dengan penjurusan SMA, sedangkan SNBP bisa lintas jurusan. siswa jurusan IPA di SMA bisa mengambil jurusan IPS di PTN dan sebaliknya.

4. Sistem Seleksi
Penilaian pada SNMPTN hanya berdasarkan prestasi akademik melalui rapor mata pelajaran yang berkaitan dengan prodi. Sedangkan SNBP juga mempertimbangkan nilai rapor keseluruhan, ditambah menggunakan prestasi nonakademik.

Berikut Daftar Nama Siswa yang dimaksud di dalam tanda bukti kelulusannya :

 

 

Lulusan SMAN 3 Sumbawa Besar Masuk di Universitas Manca Negara


Selamat Kepada Alumni SMAN 3 Sumbawa Besar Zakiyah Hasanah atas diterimanya melanjutkan studi ke salah satu Universitas ternama di Luar Negeri tepatnya di negara Malaysia.

Zakiyah merupakan alumni tahun 2022/2024 mengambil Programme Bachelor of Economics (Honours) di Albukhari International University yang berada di Kedah, Malaysia.

Tidak mudah untuk bisa tembus ke Universitas ini karena memiliki standard tertentu yang ketat untuk bisa menembusnya. “Semoga tercapai cita-citamu Nak, dan semoga rekan-rekan serta adik-adik kelasmu akan mengikuti jejakmu”. kata salah satu gurunya memberikan semangat dan dukungan.

Hitung Mundur

PTS Genap Kelas X-XI dan PAS Kelas XII

Hari
Jam
Menit
Detik

Fasilitas

Mushollah

Lapangan Basket

Lapangan Volli

Lab. Komputer

Lab. Kimia

Lab. Biologi

Lab. Fisika

Perpustakaan

Lapangan Tenis

Aula Serba Guna

Koperasi Siswa

Green House

??

Podcast Studio

??