COVER 7

Berita Terbaru

Lulusan SMAN 3 Sumbawa Besar Masuk di Universitas Manca Negara


Selamat Kepada Alumni SMAN 3 Sumbawa Besar Zakiyah Hasanah atas diterimanya melanjutkan studi ke salah satu Universitas ternama di Luar Negeri tepatnya di negara Malaysia.

Zakiyah merupakan alumni tahun 2022/2024 mengambil Programme Bachelor of Economics (Honours) di Albukhari International University yang berada di Kedah, Malaysia.

Tidak mudah untuk bisa tembus ke Universitas ini karena memiliki standard tertentu yang ketat untuk bisa menembusnya. “Semoga tercapai cita-citamu Nak, dan semoga rekan-rekan serta adik-adik kelasmu akan mengikuti jejakmu”. kata salah satu gurunya memberikan semangat dan dukungan.

Parade Budaya Dalam Rangka HUT NTB ke 65

Parade Budaya adalah Parede yang menampilkan rangkaian adat-istiadat berbagai suku bangsa di NTB, khususnya adat Tana-Samawa yang diadakan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Nusa Tenggara Barat ke-65 yang dipusatkan di Sumbawa Besar. Tak ketinggalam SMAN 3 Sumbawa Besar sebagai bagian dari wilayah provinsi ini juga ikut mengambil bagian dalam acara acara ini. Tepatnya pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 dengan mengangkat tema PENGANTAN BARODAK yang diikuti oleh seluruh warga SMAN 3 Sumbawa Besar dengan jumlah animo 450 orang peserta daam satu kelompok kontingen barisan.

Sebelum acara parade dimulai, Sanggar Seni Otar Telu SMAN 3 Sumbawa Besar tampil memeriahkan pembukaan gelar budaya dalam rangka HUT NTB ke-65 menampilkan kreasi tari BAKILUNG yang dirangkaikan dengan GERO SAKETA, PRESEAN, dan NGUMANG. Tampilan epic dan menawan ini tidak lepas dari dukungan bapak kepala SMAN 3 Sumbawa Besar Bapak Agus Surya Pratama, S.Pd.

Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) 2023

 


Dua pelajar dari SMA Negeri 3 Sumbawa, berhasil lolos ke Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) tingkat nasional tahun 2023. Siswa tersebut adalah Muhammad Al Fatih dan Yolanda Martsya Putri. Nama yang disebut pertama masih duduk di bangku kelas 11 IPA 5. Sementara rekannya, Yolanda merupakan kakak angkatan Al Fatih, kelas 12 IPA 5.
Yang membanggakan, kedua pelajar ini merupakan satu-satunya perwakilan dari NTB, di lomba yang akan berlangsung di Jakarta, pada tanggal 1 sampai 6 November 2023 tersebut
Naskah penelitian yang meloloskan Yolanda dan Al Fatih ke nasional berjudul “Tantangan dan Peluang Gen-Z Menyelamatkan Satera Jontal Sumbawa”.

Di temui di sekolahnya, Sabtu (21/10), Yolanda dan Al Fatih, menuturkan ketertarikan mereka melakukan penelitian seputar aksara satera Jontal ini berawal dari keinginan melestarikan salah satu budaya warisan lelulur dari Tana Samawa, terutama di kalangan milenial.

Hasil penelitian yang dilakukan keduanya menunjukkan kecenderungan generasi muda saat ini lebih mengandrungi budaya asing ketimbang peninggalan sejarah nenek moyang merek sendiri, salah satunya satera Jontal ini.

Untuk diketahui, satera Jontal merupakan aksara dari Sumbawa yang ditulis menggunakan torehan bara api di atas daun Lontar atau Jontal. Pada jaman kerajaan satera Jontal ini kerap digunakan sebagai sandi. “Saya dan Yolanda hampir 6 bulan melakukan penilitian,” kata Al Fatih, didampingi guru pembimbing, Dewi Suryaningsih, S.Pd, M.M.Inov dan Nita Muhardifah, S.Pd.

Menurut Al Fatih, pengetahuan tentang satera Jontal di kalangan milenial sangatlah penting. Sebab budaya Sumbawa sangatlah banyak dan harus dilestarikan. Ia dan Yolanda tak ingin satera Jontal hilang ditelan jaman. Di sinilah peran generasi muda untuk melestarikannya sangat diharapkan.

“Kami juga sudah melakukan survey di beberapa sekolah dalam Kota Sumbawa. Ternyata teman-teman kita generasi muda terutama yang masih duduk di bangka SMA/SMK sangat ingin mempelajari sejarah satera Jontal ini. Tapi pengenalan tentang (aksara satera Jontal) di lingkungan lingkungan sekolah masih kurang,” tambah Yolanda.

Selain ingin melestarikan warisan budaya, lewat makalahnya Al Fatih dan Yolanda hendak menyampaikan ke seluruh masyarakat terutama yang berasal dari luar Pulau Sumbawa, bahwa Tana Samawa juga punya peninggalan sejarah yang sangat terkenal dijamannya khususnya jaman kerajaan tempo dulu.

“Kami berharap dukungan masyarakat saat lomba OPSI tingkat nasional nanti. Semoga saya dan Yolanda dapat memberikan hasil terbaik,” ujar Al Fatih.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Sumbawa, Agus Surya Pratama, S.Pd, mengaku bangga atas keberhasilan kedua siswanya tersebut. Apalagi sekolahnya merupakan satu-satunya wakil NTB di lomba tingkat nasional tersebut.

Agus juga berharap Yolanda dan Al Fatih, dapat memberikan hasil terbaik di lomba OPSI tingkat nasional ini, dengan mempersembahkan medali juara.

Karena itu, sebelum berangkat ke Jakarta, Al Fatih dan Yolanda akan diberikan pembinaan lebih intensif lagi oleh guru pembina. (PS)

Dikutip Dari www.portalsumbawa.com

Kunjungan Siswa Smaniga Ke Musem

Kegiatan kunjungan Museum oleh siswa SMAN 3 Sumbawa Besar yang diadakan oleh balai Museum Kab. Sumbawa yang dirangkai dengan berbagai acara seperti : Pameran Keliling, Museum Talk, Diskusi Benda Cagar Budaya Ai Renung dan Museum goes to school. Kegiatan ko-kulikuler seperti ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap potensi budaya lokal yang ada dan menciptakan pelajar yang memiliki karakter berkebinekaan global sesuai dengan dimensi profil pelajar pancasila.

Tarian Losong Di  UPTD MUSEUM DAERAH KAB. SUMBAWA

Tarian Losong ini dipersembahkan oleh para Siswi Smaniga pada acara Pembukaan festival tunas Bahasa Ibu ( FTBI ) di UPTD Museum Daerah Kabupaten Sumbawa pada hari Selasa, 17 Oktober 2023. Tarian ini merupakan tari kreasi yang dimana para dadara samawa yg datang ngayo ete siru atau pergi ke sawah yg satu menuju sawah berikutnya pada saat panen tiba utk saling membantu bagaikan kembang losong padi di tengah sawah. Kegiatan ini biasa di lakukan saat musim panen padi oleh Dadara samawa. Adapun properti yang digunakan dalam tarian ini yaitu kipas yg melambangkan kegembiraan dan kebahagiaan Dadara samawa.

Alamat Kami

SMAN 3 Sumbawa Besar
Jl. Cendrawasih No.139, Brang Biji, Kec. Sumbawa,
Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. 84316
Telpon, (0371) 21089. NSS : 301230401023
NPSN : 50203313

Ikuti Kami

Lokasi Kami

Dibuat oleh Smaniga Developer Team